tinggal diluar negeri
tinggal diluar negeri

Menurut bandarbolasbobet bisa pergi ke luar negeri lagipula sampai bermukim bertahun-tahun di luar negeri ialah mimpi untuk mayoritas orang. Betapa tidak, tidak sedikit hal yang dapat kamu alami. Mulai dari meningkatkan wawasan dan pengetahuan baru, menguasai bahasa baru, meningkatkan pertemanan baru,hingga dengan hal-hal sepele laksana mengunggah foto-foto menarik di Facebook dan Instagram. Plus menjadi pembicaraan di family besar sebab Ortumu tidak jarang kali menjadikanmu bahan berita (baca: bahan gosip keluarga). Bayangkan pembicaraan Ortumu di di antara pertemuan keluarga. Q: “eh jeng, anakmu dimana sekarang? A: lagi di Siberia”.

Tapi perlu dikenang pergi ke Luar negeri tidaklah sama dengan pergi dari Bandung ke Medan. Meskipun kini katanya zaman globalisasi, dimana makintidak sedikit orang yang traveling ke luar, pergi ke luar negeri masihlumayan sulit untuk kebanyakan orang.

Berikut ialah 6 Tips bagaimana mimpimu untuk dapat pergi dan bermukim di luar negeri menjadi kenyataan. Tidak gampang, namun bukan berarti tidak mungkin.

1. Pergi guna urusan studi
Cara ini mungkin ialah cara yang populer di zaman sekarang. Kamu pergi dan bermukim di luar guna urusan belajar. Tapi kendalanya hanya satu, ongkosnya mahal. Biaya guna belajar di luar negeri termasuk tinggi guna ukuran Indonesia yang masih termasuk dalam kelompok negara berkembang. Ditambah dengan situasi rupiah yang terus memble terhadap nilai tukar asing.

Tapi tenang. Jika ongkos menjadi kendalamu, ada tidak sedikit jalanmengarah ke Roma, Paris, Berlin, London, New york, Tokyo, Beijing atau Moskow. Jika anda orang yang cerdas, unik, eksepsional, dan tersebut semua bukan hanya menurut anda saja, kamu dapat mencari BEASISWA. silahkan digoogling beasiswa yang tidak sedikit sekali sumbernya.

Di Indonesia tidak sedikit sekali agen atau perwakilan edukasi luar negeri yang menawarkan jasa informasi tentang edukasi di luar. Jikaterdapat pameran edukasi luar negeri di kotamu, datangilah. Tanya-tanya sama agennya seolah-olah anda akan berangkat dalam masa-masa dekat (meski anda gak tahu kapan bakal berangkat).

Tapi saya telah lulus kuliah di Indonesia, gimana dong? Tips berikutnyadapat kamu coba.

2. Bekerja di lembaga/organisasi/perusahaan multinasional
Cara ke dua, andai kamu telah lulus kuliah di Indonesia ialah dengan memilih berkarir di lembaga/organisasi/perusahaan multinasioanal. Lembagacontohnya kamu dapat memilih berkarir di Kementerian luar negeri, menjadi diplomat. Atau lembaga inetrnasional laksana PBB, WTO, IMF atau Bank Dunia.

Disamping lembaga-lembaga besar diatas, ada pun organisasi-organisasi internasional laksana HRW, Oxfam atau OSF (kalo gak ngerti di googling ya). Ini dapat menjadi pilihan kalo kamu hendak bekerja di sektor tertentu.

Jika anda memilih bekerja di sektor swasta, pilihlah perusahaan yang mempunyai program mobilitas atau transfer ke luar guna pegawainya. Di sektor ini terdapat triumvirat, atau tidak jarang disebut pun ‘Golden triangle’ sebab prestige yang dimilikinya. Ketiga sektor ini merupakan: ‘Management Consulting’, ‘Law firm’ dan ‘Investment Banking’.

Masih bingung juga, dan anda desperate hendak tinggal di luar negeri? cobalah teknik ketiga di bawah ini.

3. Kawin sama orang luar negeri
Di zaman kini kawin lain negara telah menjadi urusan yang umum. Orang menikah dengan orang luar negeri, kemudian digondol oleh suami/istrinya untuk bermukim di negara asalnya.

Kawin dengan orang asing ialah mimpi buat beberapa orang. Bayangkan,anda bukan cuma dapat tinggal di luar negeri, tapi pun kamu dan orang tuamu punya peluang untuk membetulkan keturunan. Kamu dapat pajang foto-foto menarik anakmu yang blasteran.

Tapi perlu dikenang kawin dengan orang luar tidak selamanya berbuah kebahagiaan. Kamu barangkali bangga dan bahagia dalam sejumlah bulan kesatu, lantas sedih dan merana sejumlah bulan berikutnya, tahun ataudapat jadi seumur hidup. Pindah negara guna orang yang anda cintai bukanlah pengorbanan kecil. Setelah pindah, anda ternyata gak sreg dengan karakter pribumi pasanganmu, atau kebiasaan dan lingkungan barumu. Jikaurusan ini terjadi bermukim di luar negeri dapat membuatmu merana.

4. Menjadi investor di luar negeri
Banyak pemerintah yang hendak membuat negaranya makmur mengundang investor dari luar negeri untuk bermukim di negaranya. Hal ini ditempuh dengan teknik membuat kepandaian khusus: visa guna investor. Dengan menanamkan modal sebanyak tertentu (yang pastinya tidak sedikit) kamudapat tinggal di negara yang bersangkutan.

Tips ini memang tidak untuk seluruh orang. Syaratnya anda atau orang tuamu mesti bonafide (Millionaire, Billionaire etc.). Tapi siapa yang tahu nasibmu berubah. Jadi kamu dapat tinggal di luar negeri dengan tips yang satu ini

5. Meminta suaka ke luar negeri
Ada yang ingat dengan Edward Snowden? Cowok Amrik yang meminta suaka ke Rusia sebab membocorkan rahasia ketenteraman negaranya di US. Kasus Edward Snowden ialah kasus meminta suaka sangat populer di abad ini.

Meminta suaka atau lebih eksklusif lagi suaka politik dapat dilakukanbilamana kamu, sebab satu atau beda hal, merasa dalam bahaya di negara asalmu untuk lantas mencari perlindungan di negara lain. Biasanya hanya orang-orang tertentu yang meminta suaka ke luar negeri.

Cara ini mungkin teknik yang tidak populer sebab selain anda tidakdapat mengunggah foto-fotomu di facebook dan Insta (demi dalil keamanan), Meminta suaka pun sama dengan ‘one way trip journey’ dan bukan ‘return’. Artinya anda gak bakalan dapat pulang kampung, kecuali adasituasi yang berubah yang membuat anda aman guna balik ke negara asal.

6. Menjadi pengungsi di luar negeri
Cara yang terakhir ini pasti tidak sedikit yang gak mau. Kamu gak butuh upload foto-foto anda di facebook dan Insta karena, barangkali wajahmutelah dibroadcast duluan oleh CNN atau BBC. Kemudian hadir di Newsfeed orang lain.

Bukan, bukan tersebut alasannya.

Menjadi pengungsi jelas bukan opsi yang asyik. Tapi faktanya, tidak sedikit saudara-saudara anda yang mesti meninggalkan negaranya, secara berjamaah, karena sekian banyak faktor: perang saudara, wabah, genosida, kemiskinan dll. Menjadi pengungsi jelas tidak mengenakan karena anda pergi dan bermukim di luar negeri bukan sebab pilihanmu sendiri, tapisebab terpaksa. Menjadi pengungsi, barangkali kita dapat mendapatkanketenteraman untuk sementara, itupun andai kamu beruntung dapat lolos dari negara asalmu. Lihat contohnya pengungsi dari Afrika yang meninggal ribuan di laut mediterania. Setelah mendarat di negara tujuan anda dipaksa guna adaptasi dengan kebiasaan dan lingkungan baru (tanpa persiapan) dan mesti bersinggungan dengan tuan lokasi tinggal yang belum pasti welcome.

Sekali lagi pergi dan bermukim di luar negeri ialah mimpi. Buatbeberapa orang, itu ialah mimpi yang indah. Buat beberapa yang lain, mimpi buruk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *